Apaan sich, Blog..??

Blog kependekan dari weblog, ditemukan pada sekitar Desember 1997 oleh Jorn Barger, istilah ini dia gunakan untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Blogger adalah istilah bagi orang yang gemar dengan Blog atau si Pembuat blog itu sendiri. Sedangkan kegiatan mengelola blog biasa disebut blogging atau sekarang oleh orang Indonesia dikatakan nge-Blog gitu aja.

Dari awal diketemukannya blog tersebut, kita jadi tau betapa menjamurnya fenomena blog/nge-blog ini, memang blog adalah salah satu atau bahkan satu-satunya sarana instan untuk memiliki sebuah website pribadi ( personal site ), pemilik dapat mengelola sendiri tanpa harus mengerti dan memahami terlebih dulu bahasa pemrograman, desain web dan sejenisnya, karena Blog telah didesain sedemikian rupa sehingga terlihat friendly used bagi pemakainya.

Untuk memiliki suatu blogseperti halnya e-mail, dalam membuat blog pun kita harus mempunyai sebuah account terlebih dahulu, oleh karena itu silahkan daftarkan diri anda terlebih dahulu di free blog provider (penyedia hosting/domain blog gratis). Free blog provider yang terkenal dan paling diminati saat ini adalah Blogger atau blogspot dan WordPress ( WP ). Selain itu ada alternatif yang lain seperti Blogsome dan blogdrive.

tampilan muka bloggertampilan muka WordPressTampilan muka blogsome

Bagi yang berminat untuk mempelajari tentang pembuatan blog dengan Blogger dan WordPress, silakan unduh atau download tutorial singkatnya di sini.

One Response to “Apaan sich, Blog..??

  • hai.salam kenal gw baru belajar ngeblog tapi bingung,mau edit2 sperti apa.coba ikutan tutorial jg masih bingung tolong dong email kan cara ngeblog yg mudah,asik,gw gaptek bgt.terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar