WordPress University

Saat ini bisa kalau ditanya CMS apa yang paling populer, saya akan menjawabnya WordPress. Ketika ditanya “kamu pilih blogspot atau wordpress?” Saya akan memilih WordPress, karena apa? Karena saya saat ini sedang memakai dan menggunakannya. Kenapa Pilihnya Wordrpress? Tentu bukan sekedar ikut-ikutan saja, tapi terus terang WordPress memang lebih enak dan lebih mudah dikelola. Dan janganlah heran jika kampus saya tercinta saat ini ramai menggunakan layanan ini. Dengan menggunakan basis dari WordPress ini kemudian muncullah istilah UNS NGEBLOG. Dan jangan heran jikalau peringkat UNS versi Alexa menunjukkan suatu progress kenaikan di tingkat traffik pengunjung,pageviews, reach dan elemen lainnya.

BTW, sejauh mana UNS menggunakan layanan ini, mari bersama-sama kita telaah satu persatu dan setidaknya ada 6 website atau blog yang menggunakan machine wordpress:
1. Layanan Blog Staff dan Karyawan

Web yang beralamatkan di http://staff.uns.ac.id ini dianggap sebagai pelopor dipakainya layanan WordPress di kampus Sebelas Maret. Mulai dibuat sekitar Akhir bulan Agustus 2008, yang dibuat sedemikian rupa sehingga diharapkan mulai dari Rektor beserta jajarannya, Dekan beserta jajarannya, Dosen dan sampai staff-staff pun ambil bagian di dalamnya. AlHasil, sampai sekarang sudah tercatat sekitar 200 Blogger dari Staff.uns.ac.id yang aktif menuliskan idenya lewat blog tersebut. Dan yang paling menghebohkan, Staff.uns.ac.id menduduki peringkat pertama dalam “Where people go on uns.ac.id-nya Alexa”  mengalahakan website SPMB dan mungkin akan sulit terkejar lagi dari sub domain-sub domain yang lainnya. Sekitar bulan September di tahun yang sama, Kampus FKIP  UNS juga membuat layanan yang sama untuk civitas dosen dan staffnya secara pribadi. Versi yang digunakan adalah wordpress versi Multi User ( WordPress MU )

2. Layanan Blog Organisasi Kemahasiswaan UNS ( ormawa )
Tidak semeriah dan seramai dari Staff, layanan blog yang beralamatkan di http://ormawa.uns.ac.id ini merupakan layanan UNS Ngeblog yang dibuat sesudah staff. Namun sekali lagi terhalang oleh yang namanya akses dan waktu sehingga layanan ini kurang dimanfaatkan oleh UKM-UKM yang ada di UNS dan fakta membuktikan mereka lebih menyukai bloghosting sendiri daripada ikut layanan blog yang ber-URL puanjang banget ini. Tujuan dibuatnya layanan ini sebenarnya untuk menghilangkan image hanya dosen dan staff saja yang dibuatkan fasilitas blogging, sedangkan mahasiswanya tidak. Oleh karena itu dibuatlah layanan untuk Ormawa yang notabene dihuni oleh mahasiswa. Sedangkan FKIP selangkah lebih maju dengan sudah membuat layanan blog hosting untuk mahasiswanya yang juga bermesinkan WordPress MU.

3. Self Access Terminal ( SAT ) PUSKOM UNS

SAT UNS

Layanan website yang sangat simple ini kemudian dimanfaatkan oleh salah satu unit/layanan di UPT PUSKOM UNS untuk mengganti total websitenya menjadi wordpress. Ya, itu adalah SAT PUSKOM, semula website resminya yang beralamatkan di http://sat.uns.ac.id menggunakan mesin CMS Joomla 1.0,t etapi karena alasan pengelolaan diubahlah menjadi bermesin WordPress. Walau terkesan sederhana dan murahan, blog ini juga menyumbang besar di ranking Alexa.

4. UGOS UNS

Latar belakang dibuatnya blog ini sebenarnya karena pada awal tahun 2009 terselenggara Konferensi pengguna Linux se Indonesia yang bertempat di UNS. Saat itu terdapat situs beralamat di http://ugos.uns.ac.id/slc2009 yang dipakai sebagai website resmi kegiatan tersebut. Namun setelah acara usai, ugos.uns.ac.id tak terlihat lagi. Keberadaan UGOS memang belum begitu terlihat di UNS, hanya beberapa mahasiswa saja yang mempedulikan pentingnya UNS go open source . Namun akhir-akhir ini terlihat blog yang beralamat http://ugos.uns.ac.id tersebut sudah terisi artikel-artikel seputar Linux dan Open Source.

5. UNS Cyber News

Memahami pentingnya blog bermesin WordPress di UNS, dan adanya tekad untuk meningkatkan ranking UNS di dunia versi Webometric, PUSKOM UNS mulai membentuk Tim Webometric dan salah satu programnya diserahkan kepada beberapa mahasiswa untuk mengisi dan mengelola kontens di blog news. Blog yang beralamat di http://news.uns.ac.id berisikan info-info terbaru seputaran UNS, artikel-artikel menarik dan up to date serta berisikan agenda atau pengumuman-pengumuman penting. UNS Cyber News ini direncanakan akan menjadi detik-nya kampus UNS. Info apapun yang berada di UNS akan langsung dipublish ke dalam website atau blog ini.

6. Blog.uns.ac.id ( beta tester )

Layanan bloghosting terbaru UNS yang saat ini begitu ramai orang membicarakannya, maklum baru saja dibuat dan semoga tidak hanya sekedar obor blarak saja. http://blog.uns.ac.id diperuntukkan bagi siapa saja yang punya ikatan dengan kampus UNS, baik itu dosen, staff, mahasiswa, UKM maupun alumni, semuanya akan diberikan fasilitas ini secara gratis (syarat dan ketentuan berlaku). layanan ini mungkin berbeda dari mesin WordPress yang dipakai oleh yang lainnya. Ya, benar layanan ini menggunakan mesin Buddypress dan WordPress Multi User, yaitu serupa dengan gabungan social networking dengan weblog pribadi.

Banyak sekali temen-temen dari luar UNS yang mengatakan bahwa UNS sekarang telah menjadi Blog Hosting, UNS adalah WordPress University dan apalah yang sejenisnya. Tapi tentu saja mari tetap optimis bahwa dengan WordPress University ini akan menghasilkan WorldClass University, UNS akan mampu mensejajarkan diri dengan Universitas terbaik dunia.. Semangat Pendekar Webometric UNS.
Bravo UNS kita..!!!

pendekar webo uns

11 Responses to “WordPress University

  • Kapan aku iso gawe blog neng kono? :mrgreen:

  • dengan sangat terpaksa merelakan blogku ber PR 2, karena untuk sementara mursid-access.co.cc blog ku di non aktifkan dulu..expired..
    mulai ngeblog lagi 2 bulan kemudian..setelah beli domain baru
    untuk sementara silahkan mampir di : mursidaccess.0fees.net

    response : Ra Urusan…!!! 😀

  • Menyediakan blog hosting untuk menaikkan rank di webometric?

    response : Ach, enggak juga....

  • sebenarnya smua CMS itu mempunya kelbihan dan kelmahannya. klw wordpress itu identik dengan pluginnya, maka joomla juga identik dengan module dan komponent. jadi menurt ku g bisa kita katakan wordpress lebh baik daripada joomla.

    response : Tpi menurutku WordPress lebih baik daripada Joomla mas….hehehe…. pendapat boleh beda kan mas…., kan negara demokrasi…. 😀

  • Kok malah rebutan CMS sih? Mas Hendri kayaknya perlu menjelaskan (lagi/ulang) posting baru tentang kelemahan dan kelebihan masing-masing CMS mas biar pada nglokro semua 😀 Aku setia setiap saat ama WP aja ah. 🙄

    response : tenang mas, posting tentang kelebihan dan kelemahan CMS udah tak upload di google.com, tinggal searching sendiri hehehe….

  • ck..ck..ck..

    kerennn.. salutt buat UNS..
    kapan yaa kmpusku bisa kek gitu??

    response : Makasih…. pindah aja ke UNS

  • Lantas, kenapa web UNS tidak dibangun dengan WordPress?

    response : waduh piye yo…. aku malah bingung….

  • beginilah kalo kampusnya dikelola blogger.. hihihi.. keren menurutku. ndak banyak kampus yang menawarkan dan mendorong mahasiswanya utk ngeblog. salut salut!

    keep blogging, UNS!

    response : Makasih mas Zam… mas Zam juga boleh gabung koq, seperti Pak Iman Brotoseno juga mau gabung

  • wowow.. menarik ini Mas.
    saya jadi tertarik pakai Wp.
    Ntar saya boleh tanya-tanya ama Mas?

    salam kenal dari saya

    Jefferly.
    saya sudah add Mas di Fb.

  • saya juga pake WordPress, udah nyobain drupal tapi malah pusing sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar