PPDB Solo 2009 (Behind the scene)

tim ppdb solo

tim ppdb solo

Menjadi bagian dari team PPDB Solo 2009 sungguh membuatku menjadi lebih dewasa… πŸ™„ Sungguh benar-benar empat hari yang terasa berat ketika dibayangkan, menyenangkan saat dijalani dan sungguh terlalu sayang untuk sekedar jadi kenangan. Benar-benar fokus waktu itu, tidak peduli bagaimana SNMPTN berlangsung, Raja Pop Dunia meninggal dunia, Kampanye dan Debat Capres 2009 diselenggarakan serta tak ketinggalan laporan Akhir bulan yang pasti akan terlambat. Yang pasti fokus satu hal ini dulu, “Sukseskan Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Solo 2009”. Dan…, Alhasil, terbukti 90% saya katakan sukses. Semoga yang lain juga mengklaim demikian. Kita pantas dapat bintang teman-teman… πŸ˜‰

Sungguh kombinasi luar biasa, antara PUSKOM UNS dengan Disdikpora Solo. Kebijakan-kebijakan dan aturan-aturan main DIKPORA Solo oleh PUSKOM UNS berhasil diwujudkan dalam bentuk bahasa programming dan bahasa Software, sehingga muncullah di masyarakat www.ppdbsolo.net dengan hasil maksimal. Belum lagi ditambah dengan kolaborasi menarik TIM SAT UNS 2009, TIM Webometric UNS dengan Mahasiswa Ilmu Komputer UNS.

Dibalik suksesnya PPDB Online ini, waktu begitu sangat berharga dan bermanfaat, salah prediksi dan perhitungan pasti gagal. Satu bulan, tim khusus yang didominasi mahasiswa dipersiapkan, tim bener-bener digodog, berbagai pelatihan dan training serta uji coba dilakukan. Motivasi dan berbagai kontraprestasi coba diberikan. Minggu pertama dikhususkan untuk TIM Sofdev dan NOC menyelesaikan server, software dan aplikasi. Minggu kedua, training dan ujicoba software dilakukan kepada TIM Mobile dan tim pendamping PPDB. Minggu ketiga, giliran pihak user, dalam hal ini operator sekolah mencobanya. Minggu keempat Tim mulai diterjunkan ke sekolah-sekolah untuk pendekatan dengan kondisi lapangan. Gladi bersih dengan pemberian motivasi dan wejangan khusus diberikan kepada tim demi lancarnya pelaksanaan. Sungguh benar-benar Juni 2009 yang penuh kenangan.

Selanjutnya, pembagian job description yang tepat dan jelas membuat tim bekerja dengan nyaman. Dari atasΒ  Tim pembuat kebijakan dipelopori Pak Sapto Hermawan, Tim Administrasi Umum dengan pimpinan Pak Joko Paryanto, Tim Aplikasi System dan SMS gateway oleh Pak Yudi Suhendro, dkk, Tim Aplikasi Web dan interface oleh Pak Winarno, dkk, Tim jaringan dan koneksitas data yang dipelopori Pak Tunggul Ardi serta Tim Mobile dan Tim Pendamping dengan komando Mas Rudi Susanto, mas Hendri Destiwanto dan Mas Ardhi Wijayanto. Tim bekerja dengan sabar, tanpa paksa dan tanpa tekanan, semua terlihat enjoy di bidangnya masing-masing. Terbuka satu sama lain dan saling membantu jika kesulitan datang.

Self evaluation dan evaluasi dini sesering mungkin diwujudkan dengan berbagai bentuk koordinasi, berbagai kritikan, saran, masukan dan kerjasama coba semua dikeluarkan. Semua demi kerja yang lebih profesional dan produktif. Evaluasi dan koordinasi selalu menghasilkan solusi yang solutif. Tak ayal bila terlaksana hampir tanpa cela.

Akhirnya, tak ada gading yang tak retak, tak ada yang sempurna di dunia ini, berbagai kendala-kendala ditemukan di lapangan, banyak hal diluar kendali ditemukan. Tetapi dengan adanya instruksi jelas dan cepat dari atasan ke bawahan serta tim yang mahir dan profesional dibidangnya, semua hampir menutupinya. 4 hari berlalu sudah, Acungan jempol ditujukan kepada tim PPDB Solo 2009, ucapan Kalian sungguh luar biasa terlontar sudah… Hal ini membuat kami menjadi tidak kecewa, lelah pun tidak terasa… .

Teman-teman,
KITA LAYAK MENDAPAT BINTANG PENGHARGAAN…
KITA TIM YANG LUAR BIASA… πŸ˜‰

PS : Cerita dan Curhat saya tuangkan dalam bentuk lain di sini, atau di sini dan di sini.

6 Responses to “PPDB Solo 2009 (Behind the scene)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar