Seminar FB by Hendri

seminar facebook

seminar facebook

Sungguh apresiasi yang luar biasa diberikan kepada saya dari temen-temen AMIKOM Cipta Dharma Surakarta. Kemarin (27/07), saya berkesempatan untuk menginjakkan kaki pertama kalinya ke “tempat kuliahnya orang berdasi” yang berada di daerah Pabelan, Kartasura. Salah satu Ormawa bernama AMIKOM Cyber Club ngerjain saya dengan menjadikannya salah satu Pembicara dalam Seminar IT. Minder bercampur bangga tentunya, seorang Hendri Destiwanto, mahasiswa Pendidikan Biologi UNS berkesempatan memberikan seminar tentang hal yang tidak beliau dapatkan selama kuliah… Yang lebih mencengangkan lagi, saya dikolaborasikan dengan salah satu dosen Amikom bergelar S. Kom.

Okey, mengenai materi yang saya sampaikan memang tidak begitu populer atau “ngeh“. dua minggu sebelumnya panitia (Dik Kurniawan) kontak saya melalui handphone bahwa dia bermaksud mengadakan seminar IT dalam rangka orientasi mahasiswa baru dan mengisi liburan semester genap kuliahnya. Inti pembicaraan berubah dengan mengamanahi saya untuk memberikan seminar tentang Facebook sebagai Social Network populer saat ini.

Seminggu nyari ide, ndak ketemu-ketemu juga. Sampai-sampai harus merelakan kehilangan agenda Wisata Bloggerku ke Wonosobo. Dan Akhirnya H-2 baru dapetlah ide itu. Berawal dari Statusnya Kang Kurnia di Facebook yang mengatakan sedang mendengarkan Business Wisdom-nya Tanadi Santosa dan ada salah satu temennya yang minta link downloadnya. Akhirnya secara diam-diam saya juga ikutan download itu Nasehat-nasehat pak Tanadi Santosa…., eh ternyata ada juga materi tentang Facebooknya. Ditambah lagi pencerahan dari Pak Nanung Nur Zula (Dosen STIMIK Duta Bangsa) dan E-Book milik Badoer, jadi dech….

Materi dalam format *.mp3 dan *.ogg langsung saya terjemahkan menjadi bahasa Office dan dengan sedikit sentuhan-sentuhan gambar acak dari Paman Google, jadilah materi Seminar dengan title :

Facebook, Social Network Multiplatform, Multiessensi.

Saya awali dengan mengajak audience bernostalgia dengan adanya Social Media atau bagaimana kita sharing di Internet. Mulai dari Kirim E-Mail melalui Yahoo, Plasa dan Gmail. lalu chatting atau bercakap-cakap lewat dunia maya melalui mIRC, YM, Gtalk, SKype, dll. Anak muda 2 tahun yang lalu gila friendster semua, ingin mencari teman di dunia maya melalui layanan Friendster. Klo anda ingin mengutarakan pendapat anda/melakukan blogging ada Blogger dan WordPress, klo anda ingin membagi foto ada Flickr, membagi video ada Youtube. Yang menarik adalah perkembangan-perkembangan ini membentuk suatu hal baru dimana beberapa dari karakter social media atas diambil dan disatukan menjadi yang namanya FACEBOOK. Dengan Facebook kita bisa kirim email ke temen lain sesama pengguna, bisa chatting dengan teman yang sama-sama online, bisa cari teman lama, cari temen baru, artis/selebriti, tokoh dan juga bisa join group dan share permasalahan di dalamnya. Bisa ngeblog juga di Facebook, upload Foto dan Video layaknya Flicr dan Youtube-pun ada. Benar-benar Social Network Multiplatform.

Kisah Sukses Mark Zuckerberg dan Facebook saya singgung selanjutnya, Facebook yang dikonsep sebagai media sharing antar mahasiswa Harvard waktu itu sungguh jadi pusat perhatian, hanya dalam jangka 2 minggu saja, setengah dari Mahasiswa Harvard mau gabung dan punya akun di Facebook. 4 bulan selanjutnya 30 kampus masuk dalam network Facebook.

Berbagai tawaran untuk menjual Facebook selalu ditolaknya, mulai dari Friendster yang akan membeli FB senilai $ 10 Juta, Yahoo akan membeli 1 Milyar US Dollar dan perusahaan-perusahaan yang lainnya. Untung si Mark ini bertemu dengan Cofoundernya Napster bernama Sean Parker yang akan membantu mendevelop Facebook dan berhasil merangkul investor pertamanya Peter Thiel (Paypal) senilai 500 ribu US Dollar, setelah itu berbagai investor-investor lain mulai masuk ( Accel Partner, DST, dll ). Kesemuanya inilah yang membawa si Mark Zuckerberg sebagai salah satu orang paling berpengaruh di dunia versi majalah TIME dan orang Muda terkaya di dunia saat ini.

Si Mark melalui Facebooknya ini sebenarnya punya mimpi-mimpi, Dia ingin menjadikan Facebook sebagai salah satu Digital Identity, artinya jika kita ingin mencari si A misalnya, kerjanya dimana, lagi ngapain sekarang, cukup dengan membuka Facebook saja sudah tau. Selain itu dia juga bermimpi akan menjadikan Facebook sebagai Media Komunikasi Masa depan, dimana kita bisa email di dalamnya, meeting, chatting, koleksi foto, video dan sebagainya. Dan saat ini, Dreams comes True.

Selanjutnya saya menjelaskan kenapa Facebook begitu digemari dan begitu dahsyat perkembangannya saat ini. Hal ini dikarenakan ada beberapa hal, diantaranya :

  • Multiplatform, seperti yang saya jelaskan diawal
  • User Friendly, begitu mudah untuk semua kalangan,mulai dari anak-anak sampai orang tua.
  • Real Time Conversation, begitu cepat terupdate.
  • Bazaar or Privacy, dimana kita bisa melihat semuanya seperti layaknya pasar/bazaar tetapi ada juga sisi-sisi privacy.
  • Multilanguage, Facebook support lebih dari 30 bahasa di dunia.
  • Live on All media, bisa diakses melalui Mobile Phone, iPhone, PDA, Blackberry

Se-perfect apapun aplikasi yang dibuat, pasti ada kelebihan maupun kerugian jika menggunakan aplikasi tersebut. Begitu pula dengan ber-facebook/facebookan ini. Banyak kelebihan-kelebihan yang kita dapatkan dari aktivitas menggunakan Facebook, diantaranya :

  • Bernetwork secara global bahkan mendunia.
  • Search teman lama yang jarang ketemu, cari temen-temen baru, selebriti, tokoh dan sebagainya
  • Sharing dan minta tolong melalui join Group, atau bahkan bisa create Group sendiri
  • People Controller, jika anda orang tua yang terlalu sibuk dengan aktivitas, dengan facebook bisa mengetahui bagaimana keadaan anaknya, gaulnya dengan siapa, sedang ngapain saat ini. Saya tambahkan bahwa dengan facebook kita bisa mengetahui sedang melakukan apa pacar kita, dengan siapa, dan lain sebagainya.
  • Jika anda seorang marketing/bisnisman, mungkin Facebook merupakan sarana untuk mencari peluang bisnis, jual produk dan iklan free.

Trus, dimana kekurangannya atau kerugian jika kita menggunakan facebook…

  • Addiction atau kecanduan, inilah yang paling berbahaya, banyak waktu yang terbuang sia-sia karena Facebook, hidup menjadi tidak produktif karena Facebook.
  • Data anda terbuka, hati-hati jika kita menulis di wall seseorang atau menuliskan data diri, jangan sampai data-data identitas anda yang seharusnya tidak diketahui orang lain kamu tuliskan.
  • Penipuan, ini merupakan dampak no. 2, kita bisa diteror, dikirimi email spam, dan sebagainya.
  • Berkonspirasi, saling menyalahkan, saling menfitnah, saling menghina bisa saja terjadi dan bisa menjadi konsumsi publik.
  • Tidak butuh masyarakat nyata. Secara psikologi hal ini berbahaya sekali, jika sudah mengklaim dirinya punya teman banyak di FB sehingga tidak membutuhkan lagi masyarakat/teman nyata, tidak mau bergaul di dunia nyata dan hanya mau bergaul dengan teman-teman facebooknya.

Nach mungkin inilah yang bisa saya sampaikan, untuk mendownload materi saya, silakan klik aja di link-link bawah ini :
1. Format pdf, silakan di download di sini.
2. Format ppt, silakan di download di sini.

4 Responses to “Seminar FB by Hendri

Trackbacks & Pings

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar