Hendri & Chatting untuk Guru

lab PPTI UNS

lab PPTI UNS

Kamis,27/08. Hari ini saya lagi-lagi mendapatkan pengalaman baru. Kali ini saya dapat amanah untuk memberikan pelatihan kepada bapak/ibu Guru dan Pegawai sebuah sekolah menengah di Solo. Sekitar 20an guru tepat pukul 09.00 WIB sudah stand by di Laboratorium Komputer PUSKOM UNS lantai 2. Pelatihan  ini dilakukan selama dua hari dengan alokasi waktu mulai jam 09:00-13:30 WIB dengan alokasi istirahat jam 11:30-12:30 WIB, saya tidak sendirian, saya dibantu (eh, salah, membantu dink…. 😆 ) pak Triyadi, beliau hari Rabunya (26/08) dengan menyampaikan materi tentang sharing data, sedangkan Kamisnya giliran saya menyampaikan materi tentang NetMeeting, Chatting (YM) dan Conference.

Pihak Sekolah menghendaki di dalam kantornya terdapat suatu pusat data dan jika ada pegawai yang ingin mengambil file tinggal share dari komputer di depannya tanpa harus menuju komputer tempat data tersimpan. Selain itu dalam hal transfer file pegawai tinggal menerima layaknya kirim dan terima SMS, tidak harus pinjam flash disc sini-sana. Dari latar belakang inilah PPTI UNS memberikan pelatihan kepada mereka tentang konsep sharing data dan chatting.

Pelatihan saya mulai dengan sedikit perkenalan diri saya, baru kemudian saya sedikit menjelaskan chatting via YM. Syarat-syarat yang harus dipenuhi:

  • Ada koneksi internet, mereka sedikit saya jelaskan cara mengetahui koneksi dengan perintah ping
  • Punya Email aktif di Yahoo, ternyata banyak yang belum punya, terpaksa ngajarin signup juga dech 😥
  • Software tambahan yang harus diinstall berupa Yahoo Messenger atau Pidgin.

Karena kendala koneksi putus, terpaksa proses signup dan chat dengan YM ditunda, materi kemudian saya ganti dengan chat melalui Windows NetMeeting yang tidak membutuhkan koneksi internet. Untuk mempersingkat waktu, mereka langsung saya suruh mempraktikan bareng-bareng dengan saya.

  • Start ==> Run ==> ketik conf
  • Tinggal next
  • Isikan nama depan, nama belakang dan email, 2 isian akhir bisa dikosongkan.
  • Atur sound, record, dll ==> Finish
  • Siap untuk digunakan.

Konsep NetMeeting saya ibaratkan ketika kita menelpon seseorang, untuk itu diperlukan nomer telpon orang tersebut, klo dalam jaringan nomer tersebut kita ganti dengan alamat IP (IP Address). Saya awalnya ragu apakah, netMeeting ini bisa berjalan, tetapi setelah saya coba awali dengan pak Tri ternyata bisa. Akhirnya peserta saya instruksikan untuk mengetikkan IP Address saya kemudian Place Call, saya tinggal accept saja. Satu persatu mereka mulai masuk ke dalam NetMeeting dan langsung bisa ngobrol sama teman-teman dalam satu area network ini.

Karena keasyikan saling chatting, saling bercakap-cakap melalui Windows NetMeeting tersebut, sampai tidak sadar waktu pelatihan hampir habis. Bapak/Ibu tersebut laksana mendapatkan mainan baru saja…hehehe… NetMeeting saya anggap selesai dan saya rasa mereka pun cukup mudah memahaminya.

Sedikit saya melanjutkan tentang Yahoo Messenger yang tadi sempat tertunda, setelah selesai membuat email mereka langsung saya ajari cara pemakaian Chat dengan YM ini. mulai dari Login YM, Add Contact, Approve contact, chat dan invite& join conference.

Sebelum saya akhiri, saya sempat sedikit mereview materi yang saya sampaikan hari ini dan bapak/ibu guru tersebut terlihat sibuk mencatatnya. Semoga bermanfaat nggih Pak, maaf bila ada yang kurang dan salah dari saya, Bu. Terima kasih telah memberikan pengalaman berharga buat saya.