Hendri di X-ICT SMA Muh. Kra.

learning by doing

learning by doing

Selesai sudah, 7 hari memberikan materi pengantar komputer dasar dan internet untuk adik-adik kelas X-ICT SMA Muh I Kra. Terima kasih kepada mas Candra Rahmawan yang bersedia menjadi asistenku serta mbak Tya dan mb Wastri yang telah memberikan kesempatan berharga ini kepadaku   🙂 . Yang tak terlupakan, terima kasih kepada adik-adik X-ICT 1 dan X-ICT 2 yang telah memberikan diriku suatu pengalaman berharga. hari-hari bersama kalian akan kukenang sebagai sejarah dalam kehidupanku.

Sedikit flashback, Awal bulan ini saya lagi-lagi dapat tawaran pekerjaan yang membuatku buyar akan tugas akhir kuliahku. PPTI UNS melalui mbak Tya dan mb Wastri sedikit memaksa diriku untuk menjadi tentor di salah satu SMA di Karanganyar. Awalnya diriku menolak, karena ingin sekali back to campus menyelesaikan tugas akhirku di UNS. Tapi apa boleh buat, waktu begitu mendesak dan tidak ada pilihan lain selain meng-iya-ni. Selama 7 kali pertemuan ( 1 pertemuan=2 x 90 menit ), harus memberikan suatu pengantar komputer dasar dan internet kepada 2 kelas jurusan ICT di SMA Muh Kra. Untung tidak disuruh membuat modul, dan untungnya lagi saya boleh mencari seorang Asisten. 😆

Tujuh kali pertemuan untuk memberikan pengantar komputer dasar dan internet merupakan waktu yang sangat singkat bagi saya. Dengan susah payah, akhirnya saya berhasil menyusun rencana pembelajaran. Inilah materi-materi yang saya sampaikan tersebut :

  1. Orientasi dan Pengenalan komputer ( Hardware, Software dan Brainware )
  2. Windows Desktop
  3. Management file dan folder ( Windows Explorer )
  4. Internet, Browsing dengan Google
  5. Email, Chat, Conference
  6. Social Networking dan Blogging
  7. Uji Kompetensi

Sistem pembelajaran “Learning by Doing” saya terapkan, dimana setiap siswa langsung mempraktikkan materi yang saya sampaikan, mungkin yang menarik bagi mereka adalah burning CD ( karena pengalaman pertama mereka), kemudian mengganti cursor/pointer, membuat screensaver sendiri, cara download dan mengkoneksikan laptop ke sinyal wifi. Sayang sekali, karena terhalang oleh koneksi internet, materi yang saya sampaikan kurang begitu sempurna, terutama pada materi Blogging. Terpaksa saya hanya “nggambuzz” saja.

Semoga pengalaman berharga ini memberikan awal yang baik bagi cita-cita saya. Allah tidak memberikan apa yang kita minta, tetapi Dia memberikan apa yang kita butuhkan. Sungguh humoris bukan..??

foto-foto : di sini.