Kabel-kabel Jaringan

sumber: http://hothardware.com

Media yang dipakai untuk membentuk sebuah jaringan komputer dengan berbagai pheriperalnya dapat dibedakan menjadi :
Jaringan memakai kabel (wireline), media penghantarnya kabel
Jaringan tanpa kabel / nirkabel (wireless),media penghantarnya wireless ( bluetooth, Irda, wi-fi )

TYPE DAN JENIS KABEL
Setiap jenis kabel mempunyai kemampuan dan spesifikasinya yang berbeda,oleh karena itu dibuatlah pengenalan tipe kabel. Ada dua jenis kabel yang dikenal secara umum, yaitu twisted pair dan coaxial cable.

KABEL TWISTED PAIR
Jenis-jenis untuk Twisted Pair ( Sepasang kabel yang di-twist, yang jumlah pasangannya dapat terdiri dari dua, empat atau lebih. Kecepatan transfer data yang dapat dilayani sampai 1 Gbps. Konektor yang biasa digunakan adalah RJ-45 ) :

sumber ://www.glossary-tech.com/cable.htm and http://www.firewall.cx/cabling_utp.php

Pemberian kategori 1/2/3/4/5/6 merupakan kategori spesifikasi untuk masing-masing kabel tembaga dan juga untuk jack. Masing-masing merupakan seri revisi atas kualitas kabel, kualitas pembungkusan kabel (isolator) dan juga untuk kualitas “belitan” (twist) masing-masing pasang kabel. Selain itu juga untuk menentukan besaran frekuensi yang bisa lewat pada sarana kabel tersebut, dan juga kualitas isolator sehingga bisa mengurangi efek induksi antar kabel (noise bisa ditekan sedemikian rupa).Perlu diperhatikan juga, spesifikasi antara CAT5 dan CAT5 enchanced mempunyai standar industri yang sama, namun pada CAT5e sudah dilengkapi dengan insulator untuk mengurangi efek induksi atau electromagnetic interference. Kabel CAT5e bisa digunakan untuk menghubungkan network hingga kecepatan 1Gbps.

http://homepages.uel.ac.uk

KABEL COAXIAL
Kecepatan transfer data maksimal 10 Mbps. Coaxial sering digunakan untuk thick ethernet, thin ethernet, dan ARCnet. Coaxial dikenal dengan dua jenis, yaitu thick coaxial cable (mempunyai diameter lumayan besar) dan thin coaxial cable (mempunyai diameter lebih kecil).

KABEL FIBER OPTIC (FO)
Jaringan  yang  menggunakan  Fiber  Optic  (FO)  biasanya  perusahaan  besar, dikarenakan  harga  dan  proses  pemasangannya  lebih  sulit.  Namun  demikian, jaringan  yang  menggunakan  FO  dari  segi  kehandalan  dan  kecepatan  tidak diragukan.  Kecepatan  pengiriman  data  dengan media  FO  lebih  dari 100Mbps dan bebas pengaruh lingkungan.

fiber optic cabel

sumber : http://www.timbercon.com