Koneksi Dial Up

PENGANTAR :
Ada banyak koneksi yang bisa dilakukan agar komputer Anda bisa terhubung dengan internet, seperti melalui kabel LAN (local area network), wifi (koneksi tanpa kabel), dial up dengan kabel (ke ISP seperti telkomnet, indonet, Indosatnet dan lain-lain) atau melalui dial up handphone (mobile phone).

Dial-up connection atau dial-up saja adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada akses Internet dengan menggunakan jalur telepon tetap atau telepon bergerak.

Koneksi internet sendiri ada 3 jenis perhitungan yaitu :

  1. Unlimited, artinya sesering apapun Anda online atau sebanyak apapun data yang Anda ambil atau keluarkan, biaya yang Anda bayar tetap setiap bulannya.
  2. Volume based, artinya semakin banyak data yang Anda ambil dari internet atau semakin banyak data yang Anda keluarkan ke internet, tidak peduli berapa lama Anda online, maka semakin besar biaya yang Anda bayarkan, biasanya dihitung Rp/kB
  3. Time Based, artinya semakin lama Anda online, tidak peduli berapa banyak Anda menerima dan mengirim data, maka semakin besar biaya yang Anda bayarkan.

PRINSIP KERJA :
Pertama-tama, komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial-up) ke Penyelenggara Jasa Internet. Setelah terhubung maka komputer dapat segera mengakses Internet dan kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan telepon.

CARA KERJA :

SETTING DIAL-UP TELKOMNET INSTAN

  • Cek Alat/Driver,mengecek apakah komputer sudah mendeteksi alat modem yang dipasang. Dengan cara Klik kanan My Computer > Properties > Device Manager. Jika pada bagian modem sudah ada iconnya dan di buka alat sudah bekerja dengan baik maka modem siap disetting.
  • Setting Modem, Caranya;

Control Panel > Network and Internet Connections > Set Up or change your internet connection > Jendela Internet Properties

Pada Jendela Internet Properties > Setup… > Next > Connect to the Internet at my workplace > Dial-up Connection > Tulis nama koneksinya biasanya ditulis nama perusahaan koneksi misalnya telkom atau telkomnet (karena kita akan mensetting dial-up terhadap telkom/ setting telkomnet instan )

Pada box berikutnya diisikan nomor telpon yang akan dihubungi misal untuk telkomnet instan nomor yang diisikan 0809-8-9999 > Buat shortcut untuk mempermudah.

Untuk mengaktifkan internet klik shortcutnya > username telkomnet diisi: telkomnet@instan; password : telkom. Agar nanti tidak mengisi lagi checkboxnya diaktifkan save this username. Pada properties TCP/IP pada DNSnya diisi 202.134.0.155 dan alternatenya 202.134.2.5 > klik connect maka akan dialing, tunggu sampai koneksi tersambung.

  • Setelah itu akan muncul icon di bawah kanan kalau sambungan sudah dilakukan.

SETTING DIAL-UP MODEM HP SMART

  • Install USB Driver (biasanya berupa CD yang disertakan ketika pembelian )
  • Setting Internet Connection, Control Panel > Network Connection > Create a New Connection > Pilih Connect to the Internet > Pilih Set up my connection manually > Connect using a dial-up modem > Pilih Modem VIA Telecom CBP USB ModeM
  • Masukkan nama company (bebas) > Masukkan nomor dial #777 > username : smart > Password : smart
  • Setelah proses instalasi selesai, HP Modem bisa digunakan. Jika dialing pertama belum berhasil, silahkan reset HP dan mulai proses redial kembali.

REFERENSI :

Download Materi Jaringan


http://www.smart-telecom.co.id/index.php?module=content&method=detail&id=49
http://mti.ugm.ac.id/~yosephhandoko/010417/?p=43
http://ernestyosua.com/tips-trick-komputer-no-komputer/setting-modem-haier-d1200-smart/