Topologi/Mode Wireless Network

1. Ad Hoc/Peer to Peer Networking
AD Hoc merupakan jaringan sederhana dimana komunikasi terjadi diantara 2 perangkat atau lebih pada cakupan area tertentu tanpa harus memerlukan sebuah access point atau server. Setiap host cukup memiliki transmitter dan receiver wireless untuk berkomunikasi secara langsung satu sama lain. Kekurangan dari mode ini adalah komputer tidak bisa berkomunikasi dengan komputer pada jaringan yang menggunakan kabel. Selain itu, daerah jangkauan pada mode ini terbatas pada jarak antara kedua komputer tersebut.

2. Infrastructure/Client-Server
Menggunakan Access Point sebagai pengatur alokasi waktu transmisi untuk semua perangkat jaringan dan mengizinkan perangkat mobile melakukan proses roaming dari sel ke sel. Penambahan dan pengaturan letak access point dapat memperluas jangkauan dari Wireless network.

Misal : Terdapat 1 buah Access Point (AP) yang terhubung jaringan LAN kabel dan router untuk koneksi internet. PC pada jaringan LAN kabel (wired LAN) berkomunikasi dengan PC wireless LAN melalui Access Point, demikian pula komunikasi antar PC wireless LAN. PC dalam jaringan wired & wireless bersama-sama mengakses internet melalui router. Kualitas Saluran (Link Quality) antara AP ke wireless Client ditentukan oleh kuat sinyal (signal strength) yg diterima oleh wireless adapter pd PC Client.

ISP  ADSL Modem  Router  Wireless Access Point  Client

ISP > ADSL Modem > Router > Wireless Access Point > Client

Gambar di atas, adalah suatu skema dimana access point yang dipasang belum memiliki router. Tapi kebanyakan sekarang ini banyak vendor yang mengeluarkan produk Access Point yang dibundle dengan router dan selanjutnya bisa disebut Wireless Router. Perhatikan dan bedakan dengan gambar di bawah ini :