Filesystem Linux (1)

Mengenal Konsep Direktori Linux

Berbeda dengan Operating System Windows, di mana susunan direktorinya ditentukan dengan kondisi partisi dan hardisk. Bentuk Drive merupakan representasi dari partisi, di mana huruf C diberikan untuk partisi pertama di hardisk utama. Sedangkan di Linux jelas tidak mengenal konsep drive. Berbagai macam partisi dapat di mount ke dalam direktori yang berada di dalam struktur direktori linux.

Perhatikan perbedaan dalam menunjukkan lokasi sebuah file :

D:\Folder\tempat menyimpan\file.txt >> di Windows
/Folder/tempat menyimpan/file.txt >> di Linux

Dari perbedaan di atas, kita dapat mudah melihat perbedaan penggunaan slash (/) di Linux versus backslash (\) di Windows. Dan juga tidak adanya nama drive di Linux.

Pada saat komputer booting, partisi root akan dimount di / dan seluruh file, direktori dan device akan dimount di bawah /. Penamaan file dan direktori di Linux bersifat case-sensitive, artinya karakter huruf besar dan huruf kecil merupakan karakter yang berbeda.

Struktur direktori Linux saat ini mengikuti standar Filesystem Hierarchy Structure (FHS) walaupun kebanyakan distribusi (distro) memodifikasi standar tersebut.

Type Filesystem Linux Populer :

  • EXT2 ( filesystem yang cepat dan stabil tetapi mulai tergantikan dengan lahirnya EXT3 dan EXT4 )
  • EXT3 ( pengembangan dari EXT 2 dengan menggunakan konsep journaling, yaitu merekam data yang sudah ditulis ke disk, sehingga mempermudah proses recovery )
  • reiserFS ( jenis lain dari journaling system yang diklaim lebih cepat dan menawarkan fitur keamanan yang lebih baik )
  • XFS (64 Bit journaling system yang dibuat oleh Silicon Graphic Inc. yang digunakan pada varian unix yang dikembangkan SGI. )
  • JFS ( journaling system buatan IBM )
  • EXT4 ( pengembangan dari EXT3, didesain untuk memberikan performance yang lebih baik dan peningkatan kemampuan dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk melakukan pengecekan hardisk )

Tugas…!!!

Jelaskan apa perbedaan mendasar dari susunan direktori di Windows dengan di Linux…! Jawaban cukup ditulis dalam form komentar di sini dengan menyertakan nama dan e-mail.