Observasi Kelas

http://aguschandra.com

img src : http://aguschandra.com

Untuk mendapatkan suatu permasalahan di dalam kelas sebelum melakukan Penelitian Tindakan Kelas sudah seharusnya kita mengetahui kondisi awal dari kelas tersebut. Untuk itu diperlukan suatu observasi. Di bawah ini ada beberapa panduan di dalam melakukan observasi kelas :

1. Pengamatan Peserta didik :
Pengamatan peserta didik meliputi hal-hal di bawah ini :

  • Jumlah total peserta didik
  • Berapa Siswa yang memperhatikan (serius, mencatat, patuh, mengerjakan tugas)
  • Berapa Siswa yang aktif (bertanya, menjawab pertanyaan guru)
  • Berapa Siswa yang tidak fokus (mengantuk, bermain sendiri)
  • Berapa Siswa yang berbuat kegaduhan kelas
  • Berapa Siswa yang disiplin (bawa buku, LKS, mengerjakan PR)
  • Minat tentang pelajaran Biologi
  • Cara mengajar Biologi yang diinginkan
  • Nilai-nilai tugas atau ulangan Biologi selama ini.
  • Catatan Selama Observasi

2. Pengamatan Guru
Pengamatan seorang guru bisa meliputi hal-hal di bawah ini :

  • Cara membuka pelajaran dan memotivasi peserta didik.
  • Metode yang digunakan dalam mengajar
  • Penguasaan kelas
  • Cara memberikan tugas dan mengevaluasi
  • Cara menutup pelajaran
  • Pengalaman mengajar bidang studi tersebut.
  • Cara/metode mengajar yang diinginkan
  • Apakah sering menggunakan alat bantu? Media yang digunakan?

3. Pengamatan kondisi pendukung
meliputi :

  • Kondisi fisik kelas beserta lokasi.
  • Kondisi Laboratorium (jika ada).
  • Sarana prasarana pendukung pembelajaran lain ( multimedia dan internet ).

Metode pengambilan data bisa dilakukan dengan wawancara guru, sampel peserta didik (dua-putra dan putri), untuk bukti bisa menggunakan kamera atau handycam (video).

6 Responses to “Observasi Kelas

Trackbacks & Pings

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar