UNS dan THES-QS STARS

Gaung UNS menuju World Class University memang sudah lama diperdengarkan. Membahana tidak hanya seluruh civitas akademika UNS tetapi juga sampai penjuru nusantara. DIKTI telah menobatkan UNS sebagai salah satu promising universities. Bahkan dunia international pun telah memberikan pengakuan atas eksistensi UNS melalui Webometrics yang menunjukkan kenaikan stabil. Dan UNS dinyatakan juga sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik ketujuh di Indonesia oleh THES di tahun 2009, kemudian pada akhir tahun 2010, THES-QS STARS menganugerahkan dua bintang atas kualitas UNS ( hanya ada 11 perguruan tinggi Indonesia yang meraih bintang dua, dan belum ada yang mendapat bintang tiga ).

QS STARS melakukan pemeringkatan kualitas perguruan tinggi di dunia dengan beberapa kriteria :

  1. Core criteria ( kriteria inti ), meliputi penilaian dalam hal kualitas penelitian, kualitas pembelajaran, keterserapan lulusan pada lapangan kerja dan infrastruktur.
  2. Advanced criteria ( kriteria tambahan ), meliputi perguruan tinggi dari sisi internasionalisasi, transfer inovasi dan ilmu pengetahuan serta pengabdian masyarakat.
  3. Specialist criteria ( kriteria spesialisasi), meliputi kualitas dalam hal bidang ilmu, yaitu TI & rekayasa, Ilmu pengetahuan alam, Ilmu kesehatan, seni&humaniora, serta imu sosial.

Kualitas penelitian yang dinilai meliputi peer review, sitasi per paper, paper tiap pengajar, dan ahli bertaraf international ( pernah mendapatkan award, nobel, dll.). Sementara itu, kualitas pembelajaran dilihat dari rasio dosen dan mahasiswa serta kepuasan mahasiswa. Tentang kualitas lulusan, QS STARS memfokuskan pada kualitas layanan bimbingan karir, keterserapan lulusan, dan tingkat kepuasan pengguna. Komponen infrastruktur meliputi fasilitas olah raga, fasilitas kesehatan, akomodasi mahasiswa, fasilitas teknologi informasi dan fasilitas perpustakaan.

Untuk Kriteria tambahan, komponen internasionalisasi terdiri dari jumlah dosen international, jumlah riset bersama 500 universitas terbaik di dunia, jumlah mahasiswa internasional, fasilitas pendukung keagamaan bagi mahasiswa dan pertukaran mahasiswa.

Berkaitan dengan pemberian bintang ( Stars ), kisaran total nilai tertinggi adalah 700 – 1000 setara dengan bintang lima. Bintang empat berkisar 550 – 699, bintang tiga 400 – 549, bintang dua 250 – 399, dan di bawah 250 setara dengan bintang satu. Universitas Sebelas Maret memperoleh poin sebanyak 274 yang didapatkan UNS melalui kriteria inti ( 204 ) dan kriteria tambahan ( 70 ).

Kriteria inti yang membawa UNS meraih bintang dua adalah kualitas lulusan. Karena itu, untuk UNS akan memprioritaskan kegiatan-kegiatan untuk peningkatan kualitas penelitian, internasionalisasi, transfer inovasi dan ilmu pengetahuan, serta pengabdian masyarakat. Dari sisi internasionalisasi, UNS akan meningkatkan kualitas kerjasama dengan pihak-pihak di luar negeri terutama untuk riset bersama, serta saling tukar mahasiswa dan dosen.

UNS juga akan mengoptimalkan kerjasama dengan beberapa universitas di luar negeri. Beberapa perguruan tinggi tersebut adalah

  • Karlsruhe University (Jerman)
  • Pittsburgh University ( Amerika )
  • Tottory University dan Kyoto University ( Jepang )
  • Macquarie University dan Curtin University ( Australia )
  • Suez Canal University dan Al-Azhar University ( Mesir )
  • La Rochelle University ( Perancis ).

Sementara itu akan dirintis kerjasama dengan beberapa Universitas seperti

  • Kokushikan University ( Jepang )
  • Universiti Sain Malaysia ( Malaysia )
  • Australian National University ( Australia )
  • Dan beberapa perguruan tinggi di Eropa dan Amerika.

Happy Anniversary Universitas Sebelas Maret ( 11 Maret 1976 – 11 Maret 2011 ), mari kita tunjukkan pada semua, UNS MEMANG MASIH MUDA, tapi BERKELAS DUNIA.

Sumber tulisan : Buletin Dwi Mingguan TigaLima, Edisi 01/ 07 Maret 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar