Kotak pesan di WordPress

Untuk memanjakan pengunjung di blog kita, selain adanya fasilitas comment di bawah postingan kita, ada juga dengan memberinya suatu kotak pesan/shoutbox seperti di blog saya ini :

Langkah-langkah untuk memberinya cukup mudah ( untuk blog jenis ini ), kurang lebih :

1. Login dengan username dan Passwordmu sampai masuk menu Dashboard

2. Pilih Manage ==> Plugins ==> Activate Widgetize Any HTML 0.1

3. Masuk menu Settings ( kanan pojok kecil ) ==> Widgetize Any HTML ==> Isi terserah panjenengan pada pertanyaan How many widget? ( mau berapa widget yang menggunakan plugin ini )

4. Design ==> Widgets ==> Pasti ada widget baru yaitu  Widgetize Any HTML1 sampai tadi ngisinya berapa

5. Dengan cara yang sama, tinggal add dan masukkan source code-nya. Jangan lupa save changes!!

Itu tadi adalah langkah untuk memasukkan, permasalahannya sekarang kita harus mencari source code-nya. Untuk mencari shoutbox, dapat diketemukan secara free di situs-situs sebagai berikut :

  1. Oggix.com
  2. Shoutmix.com
  3. Cbox.ws

Setelah kita melengkapi free registration, lalu dengan langkah yang agak berbeda, carilah sampai ketemu suatu source code, copi semua kode tersebut dan pastekan ke widget kita tadi. Mudah kan..!!! Selamat mencoba, semoga bermanfaat….!!!

Oya widgetize any HTML ini support untuk kode HTML biasa, Java Script, dan sejenisnya… Berarti untuk blog yang nggak ada fasilitas plugins Widgetize Any HTML 0.1,saya gak tau bisa dikasih atau enggak, kayaknya gak bisa, tetapi kita bisa mencari menginstall plugins tersebut, yang dapat dicari di sini, mungkin di sini juga. selamat mencari dech….