Social Bookmark..??

Ketika kita membaca tips dari para master blogger tentang salah satu kiat ataupun cara meningkatkan trafik pengunjung blog seringkali menjumpai istilah situs Social Bookmarking. Sebagai seorang newbie tentunya bingung dengan istilah Social Bookmarking, apa to Social bookmark itu ? Apa manfaatnya ?

Social Bookmark..??
Ketika googling (aktivitas search dengan memanfaatkan Google.com) dan membuka beberapa situs dapat saya simpulkan ternyata situs social bookmark adalah semacam situs jejaring penanda adanya suatu informasi yang ada di dunia internet. Pada umumnya sebuah web atau blog akan diisi atau diupdate oleh si pemilik/admin, berbeda dengan situs social bookmark ini, situs ini akan diisi oleh artikel atau informasi dari situs-situs lain yang dimasukkan ke situs social bookmark. Siapa saja boleh memasukkan artikel atau informasi asal bermanfaat.

Jika blog atau website kita dimasukkan ke dalam social bookmark oleh pengunjung, berarti blog atau web kita telah jadi rujukan atau dalam kata lain direkomendasikan oleh pengunjung tersebut ke pengguna internet lain. Berarti dalam web kita ada konten menarik untuk dilihat. Berarti dengan layanan ini secara tidak sadar kita sudah mempromosikan blog kita.

Akhir-akhir ini, banyak para pengguna web/blog memasukkan tombol-tombol social bookmark yang bila sekali klik akan otomatis memasukkan URL weblog kita ke situs social bookmarking. Hal ini sangat memudahkan dan tidak membuat pengunjung anda malas memasukkan web anda ke social bookmarking. Beberapa dapat ditampilkan sebagai ikon-ikon menarik yang mewakili beragam dari social bookmarking. Lihat di akhir postingan saya ini/di setiap postingan saya.

Manfaat Social bookmark..??
1. terkaget-kaget, karena mendapati blog kita menjadi ramai pengunjung
Hal ini karena satu pengunjung merekomendasikan ke pengunjung lain untuk ikutan membaca artikel/postingan kita.
2. mendapat backlink gratis
Jika anda memasukkan artikel ke situs social bookmarking, maka secara tidak sengaja kita akan mendapat backlink secara gratis. Kita tahu, semakin banyak yang ngelink ke blog maka akan berdampak positif.
3. Terbukti ampuh menaikkan trafic pengunjung blog kita.

Cara Pasang di Blog ini..?
1. Aktifkan plugin Social Bookmarking RELOADED 2.98, klo belum ada pasang dong…, cara mengaktifkan ada di Manage ==> Plugin ==> Activate Social Bookmarking RELOADED 2.98
2. Masuk menu Setting ==> Social Bookmarking R ==> atur sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu tampilan blog kita ==> Save
3. Nach pasti di setiap akhir postingan kita akan ada icon2 yang bila diklik akan sengaja masuk ke situs Social bookmark.