Hendri ikuti Jagongan Komunitas Cyber

Jagongan Komunitas Online Kota Solo 2009

Rabu(12/08), bertempat di kompleks Pasar Windujenar Ex. Triwindu Surakarta, terselenggara suatu event semiformal, berkonsep jagongan lesehan, bertemakan “Jagongan Komunitas Online Kota Solo 2009, Diskusi Bersama, Konsep, Design, dan Implementasi Solo Cyber City 2010“. Hadir pada acara tersebut Ibu Enny (Depkominfo Solo), Bp Ir Dwi Heriyanto (Kakandatel Telkom Solo), Bp Dr Sutanto (Puskom UNS), Bp Dhoni M Room (Telkom Solo) dan hampir 10 lebih komunitas-komunitas cyber yang ada dikota Solo. Komunitas Bengawan dan Solo Facebook Community mendominasi acara tersebut, sedang saya sendiri hadir sebagai perwakilan Kelompok Pengguna Linux Solo (KPLI Solo) walau saat itu mengenakan dan gabung dengan komunitas bengawan. Sayang sekali Pak Walikota Solo, tidak dapat menghadiri acara ini.

Berawal dari chat saya dengan Mas Sadrah, salah seorang panitia (10/08) :

sadrah_sumariyarso: halo hendri
hendri_des: nggih mas
sadrah_sumariyarso: eling ?
hendri_des: sadrah deep
sadrah_sumariyarso: sips
sadrah_sumariyarso: dirimu ketua kpli ?
hendri_des: nggih mas
sadrah_sumariyarso: baik begini ceritanya: DepKomInfo akan mengadakan Jagongan Solo CyberCity, semacam sarasehan antar komunitas online di Solo
hendri_des: nggih
sadrah_sumariyarso: acara akan diadakan besok rabu, 12 Agustus 2009. Jam 18.30 – 21.00 WIB
sadrah_sumariyarso: bertempat di Pasar Windujenar
sadrah_sumariyarso: KPLI diundang juga
sadrah_sumariyarso: blogger bengawan juga
sadrah_sumariyarso: bisa hadir kan ?
hendri_des: t4nya dimana niku..?
sadrah_sumariyarso: windujenar, bekas triwindu
sadrah_sumariyarso: mangkunengaran ke selatan
hendri_des: pasar barang antik
sadrah_sumariyarso: yang buat acara solo batik fashion kmrn
sadrah_sumariyarso: disitu ada jajak pendapat, jd lesehan disana
sadrah_sumariyarso: jagongan, ngombe teh
sadrah_sumariyarso: karo ngobrol2
hendri_des: siap.

Hari H-nya, sekitar pukul 19:30 saya baru bisa datang di lokasi, terlihat sudah banyak peserta yang hadir, ada yang sibuk berinternet ria, karena kebetulan disediakan hotspot gratis selama acara. Ada yang sibuk makan dan mengambil jajanan yang tersedia, kebetulan panitia juga menyediakan 3 warung HIK gratis untuk peserta. Ada juga yang hanya asyik ngobrol dengan teman-temannya.

Inti acara ini adalah pihak Depkominfo bekerjasama dengan Pemkot Kota Solo, Telkom Solo dan PUSKOM UNS akan berusaha menciptakan dan mewujudkan Solo Cyber City 2010. Bisa ditebak, klo ada Telkom pasti hotspot selalu disinggung. Yach, Telkom berjanji akan meng-hotspot-kan public area yang ada di solo. Timbul banyak pertanyaan didalamnya, mulai dari infrastruktur pendukung, tanggungjawab maintenance dan keamanan. Mbuh lah, saya nggak begitu memperhatikan seksama.

Apalah artinya hotspot area dimana-mana, tetapi tidak didukung dengan infrastruktur yang lain, semisal listrik dan security/keamanan. Koneksi hotspot cepat, tetapi colokan listrik nggak ada, sama aja membatasi penggunaan hanya sebatas baterai laptopnya, klo sudah mati, ya sudah. Contoh lain, membangun hotspot area di lokasi-lokasi di mana preman mangkal, tanpa ada keamanan lain di sana. Itu sama aja, menyerahkan laptop sia-sia. Kita tunggu saja kelanjutan dari program ini, apakah benar-benar terlaksana, atau hanya sebatas program, program dan program yang membuat rakyat kecil menanti sebuah jawaban. (hendri)

Acara diakhiri dengan penandatanganan prasasti Hari Komunitas Online Kota Solo dengan menetapkan bahwa 12 Agustus sebagai hari Komunitas Online Kota Solo. Komunitas yang ikut menandatangani prasasti itu diantaranya:

Prasasti Hari Komunitas Online Kota Solo

Prasasti Hari Komunitas Online Kota Solo

– Komunitas Blogger Bengawan
– Solo Facebook Community
– Kelompok Pengguna Linux Solo (KPLI)
– Komunitas TDA (Tangan Di Atas) Joglo
– Komunitas Pasar Solo
– SoloAja
– SAT UNS, FICOS FKIP UNS, FOSS-ID
– Dan masih banyak lagi.