Kuliah Peng. Jaringan

Kepada Mahasiswa PPTI jurusan Tek Komp, materi perkuliahan untuk pertemuan pertama adalah :
1. Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Kendala Jaringan Komputer
2. Jenis-jenis Jaringan
Pembahasan :
Pengertian Jaringan Komputer ( Computer Network )
Sekelompok komputer otonom, saling berhubungan, menggunakan suatu protokol komunikasi, melalui media komunikasi, sehingga dapat saling berbagi dan bertukar informasi.
Tujuan Jaringan Komputer Dibangun
Membawa dan Mengantarkan informasi secara tepat dan akurat dari sisi pengirim (transmitter) ke sisi penerima (receiver)
Manfaat Penggunaan Jaringan

  1. Speed ( Dengan jaringan komputer pekerjaan akan lebih cepat, fasilitas sharing akan memudahkan transfer data antar komputer )
  2. Cost ( Sumber daya hardware dapat diminimalisir karena dapat berbagi hardware antar komputer, tidak perlu membeli perangkat baru untuk dipasang ditiap-tiap unit komputer )
  3. Security ( Jaringan komputer memberikan layanan hak akses terhadap file atau sumber daya yang lain )
  4. Centralized Software Management ( pemusatan program aplikasi. Ini akan mengurangi waktu dan tenaga untuk instalasi program dimasing-masing komputer )
  5. Integrasi Data ( Jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja,melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya. Oleh sebab inilah maka dapat terbentuk data yang terintegrasi yang memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat ).
  6. Resource Sharing ( Jaringan komputer dapat mengatasi terbatasnya hardware (printer, CDROM, dll) maupun data )
  7. Flexible Access ( User dapat mengakses data yang terpusat dari komputer manapun )
  8. High reliability ( Sistem Pelayanan teknologi client-server, internet maupun intranet dapat diterapkan pada jaringan komputer, sehingga dapat memberikan pelayanan yang handal, cepat dan akurat sesuai kebutuhan dan harapan ).

Kendala dalam Mengelola Jaringan :

  1. Fasilitas komunikasi masih mahal dan langka
  2. Noise ( transmisi tidak benar-benar bebas masalah )
  3. Perlu maintenance berkala dan teknisi yang ahli di bidangnya.

====================================================================
JENIS-JENIS JARINGAN

Berdasarkan Media yang dilewati :

  1. Jaringan Kabel, jaringan yang antar komputer dan alat jaringan lainnya dihubungkan lewat jalur kabel.
  2. Jaringan Wireless, jaringan yang dihubungkan lewat gelombang radio.

Berdasarkan Cakupan Area :
1. Local Area Network ( LAN ), yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan, seperti sebuah kantor pada sebuah gedung, atau tiap-tiap ruangan pada sebuah sekolah. Biasanya jarak antar node tidak lebih jauh dari sekitar 200 m.

2. Metropolitan Area Network ( MAN ), biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar gedung dalam suatu daerah (wilayah seperti propinsi atau negara bagian). Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu: jaringan beberapa kantor cabang sebuah bank didalam sebuah kota besar yang dihubungkan antara satu dengan lainnya.

3. Wide Area Network ( WAN ), jaringan yang biasanya sudah menggunakan media wireless, sarana satelit ataupun kabel serat optic, karena jangkauannya yang lebih luas, bukan hanya meliputi satu kota atau antar kota dalam suatu wilayah, tetapi mulai menjangkau area/wilayah otoritas negara lain. Sebagai contoh jaringan komputer kantor City Bank yang ada di Indonesia ataupun yang ada di negara lain, yang saling berhubungan, jaringan ATM Master Card, Visa Card atau Cirrus yang tersebar diseluruh dunia dan lain-lain.

Berdasarkan Koneksi antar Node/Arsitektur jaringan :
1. Peer to Peer (P2P),

Suatu model dimana tiap PC dapat memakai resource pada PC lain atau memberikan resourcenya untuk dipakai PC lain, Tidak ada yang bertindak sebagai server yang mengatur sistem komunikasi dan penggunaan resource komputer yang terdapat di jaringan, dengan kata lain setiap komputer dapat berfungsi sebagai client maupun server pada periode yang sama. Terhubung langsung dengan kabel crossover atau wireless atau juga dengan perantara hub/switch, Masing-masing komputer diberi alamat IP dari satu kelas IP yang sama agar bisa saling sharing untuk bertukar data atau resource yang dimiliki komputer masing-masing, seperti printer, cdrom, file dan lain-lain.

2. Client-Server, Host-Terminal

Model jaringan yang menggunakan satu atau beberapa komputer sebagai server yang memberikan resource-nya kepada komputer lain (client) dalam jaringan, server akan mengatur mekanisme akses resource yang boleh digunakan, serta mekanisme komunikasi antar node dalam jaringan. Selain pada jaringan lokal, sistem ini bisa juga diterapkan dengan teknologi internet. Dimana ada suatu unit komputer) berfungsi sebagai server yang hanya memberikan pelayanan bagi komputer lain, dan client yang juga hanya meminta layanan dari server.

3. Hybrid,

Ini berarti pengguna dalam jaringan dapat mengakses sumber daya yang dishare oleh jaringan peer, sedangkan di waktu bersamaan juga dapat memanfaatkan sumber daya yang disediakan oleh server.

==============================

Materi berikutnya : Topologi Jaringan dan Protocol Komunikasi (TCP/IP)