TCP/IP

Definisi TCP/IP :
Setelah mempelajari Protokol Komunikasi, perlu diketahui protokol yang umum dan sering digunakan saat ini adalah TCP/IP ( Transmission Control Protocol/Internet Protocol ). TCP/IP awalnya dikembangkan oleh ARPA (Advanced Research Projects Agency) untuk departemen pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. TCP/IP merupakan protokol yang memungkinkan sistem di seluruh dunia berkomunikasi pada jaringan tunggal yang disebut Internet.

Karakter TCP/IP :
1) Mampu menghubungkan berbagai jenis sistem operasi.
2) Dapat diandalkan dan mampu mendukung komunikasi kecepatan tinggi.
3) Routable dan scalable untuk memenuhi jaringan yang kompleks dan luas.

Beberapa hal/istilah yang berkaitan dengan Protokol TCP/IP :

1. IP ADDRESS

IP address adalah alamat numerik yang diberikan pada jaringan komputer dan peralatan jaringan yang menggunakan protokol TCP/IP. IP address bisa diibaratkan nomor HP dari komputer dalam internet. Bila sama akan terjadi konflik ( IP Conflict ).

IP address terdiri atas 32 bit angka biner yang dapat dituliskan sebagai empat kelompok angka desimal yang dipisahkan oleh tanda titik seperti 192.168.0.1.

IP address terdiri atas dua bagian yaitu :
1) Network ID
bagian dari alamat IP yang mewakili jaringan fisik dari host (nama jalan dari rumah). Setiap komputer dalam segmen jaringan tertentu akan memiliki ID jaringan yang sama.
2) Node/Host ID
Ini adalah bagian yang mewakili bagian individu dari alamat (nomor rumah). Bila komputer disegment jaringan memiliki alamat, maka jaringan tersebut perlu tahu milik siapakah suatu paket itu.

Kelas-kelas IP Address,
Untuk mempermudah pemakaian, bergantung pada kebutuhan pemakai, IP address dibagi dalam tiga kelas :

2. SUBNET MASK

Subnet Mask adalah nomor yang dikombinasikan dengan IP address untuk menunjukan identitas jaringan dimana computer berada.

3. GATEWAY/DEFAULT GATEWAY

Gateway  adalah  IP  router  yang  digunakan  sebagai  pintu  gerbang  untuk menghubungkan dua jaringan atau lebih yang memiliki subnet yang berbeda.

4. DNS ( DOMAIN NAME SYSTEM )

Domain  Name  System  (DNS)  adalah  suatu  system  yang  dapat  menterjemahkan  IP Address menjadi  nama  suatu  host name Internet. DNS  digunakan  untuk mempermudah mengakses sebuah computer dalam jaringan internet atau Intranet. Dalam lingkungan Internet, akan memberikan nama lain pada alamat IP Address. Misalnya; .com; .sch.id; .ac.id; .gov/.go ; .co.id ; .edu ; .org ; .net, dll.