Sifat & Karakteristik PTK
Penelitian Tindakan Kelas saat ini sudah merupakan tugas dan tanggung jawab guru terhadap perkembangan kelasnya. Meskipun menggunakan kaidah penulisan ilmiah, PTK berbeda dengan penelitian formal akademik pada umumnya. Perhatikan tabel di bawah ini (Ibnu:2000) untuk mengetahui sifat-sifat khususnya :
Masalah penelitian | Dari Guru (aktual) | Bukan guru (mis. mahasiswa) |
Peneliti Utama | Guru | Peneliti, guru sebagai pendamping/pembantu |
Desain penelitian | Fleksibel | Formal dan kaku |
Analisis data | Segera/seketika | (mungkin) ditunda/dimanipulasi |
Format laporan | Sesuai kebutuhan | Formal dan kaku |
Manfaat penelitian | Jelas dan langsung | Tidak langsung/tidak jelas |
PTK setidaknya akan memiliki karakteristik antara lain :
- Didasarkan pada masalah yang dihadapi guru dalam instruksional mengajar
- Kolaborasi dalam pelaksanaannya
- Peneliti bertindak sekaligus sebagai praktisi yang akan melakukan refleksi
- Bertujuan memperbaiki dan atau meningkatkan kualitas praktik instruksional mengajar
- Dilaksanakan dalam serangkaian langkah dengan beberapa siklus.
Menurut Richart Winter, ada enam karakteristik dari PTK, yaitu :
- Kritik refleksi
- Kritik dialektis
- Kolaborasi
- Resiko
- Susunan jamak
- internalisasi teori dan praktik (Winter:1996)