Hendri dan Betiga, Bukan Buka Biasa

Jumat (11/09), bertempat di Kantin Wisma Seni Taman Budaya Jawa Tengah, temen-temen komunitas Bengawan menggelar suatu event Buka Puasa Bersama dengan tajuk “Betiga, Buka Bersama Bengawan“. Hadir dalam event tersebut Motivator Bapak Agung Gunawan Wibisono, dokter dan sekaligus peneliti UNS dr Afie, Jurnalis Blonthank Poer, Blogger Nasional AndyMSE, dan beberapa Blogger tamu dari ponorogo dan jogloabang.

Event dimulai sekitar pukul 16:30 Sore, diawali dengan registrasi sebesar 20 ribu dan sedikit sambutan dari Pak Blonthank, dilanjutkan dengan Perkenalan masing-masing peserta, dipandu langsung oleh Bapak Gunawan Wibisono. Selain nama dan identitas lain mereka harus mengungkapkan isi hati dan motivasinya ketika gabung dengan komunitas Bengawan ini.

Setelah masing-masing memperkenalkan diri, waktu berbuka pun tiba. Acara terpaksa dipending terlebih dahulu. Para Bengawaners segera mencicipi teh hangat yang telah disediakan, sebagian persiapan menunaikan sholat maghrib dan sebagian pula ada yang langsung menikmati sajian utama berupa thengkleng.

Pukul 19:00 WIB, acara yang sempat dipending, kembali dilanjutkan. Kali ini Pak Gunawan menawarkan setiap blogger Bengawan untuk menyampaikan uneg-uneg, atau lebih kerennya curhat tentang keberadaan diri dan Bengawan selama ini. Diberi kesempatan seperti itu, malah semuanya terdiam dan saling menunjuk satu sama lainnya. Terpaksa saya memecah keheningan itu dengan mengungkapkan uneg-uneg saya, baru temen-temen lain berani mengungkapkan gagasan dan otokritik selama ini. Pembahasan pun semakin seru dan tidak sadar waktu sudah menunjukkan pukul 21:00 WIB. Acara secara resmi ditutup.

Ternyata, walaupun acara sudah ditutup, Bengawaner enggan untuk beranjak dari tempat duduk, pembahasan ngalor-ngidul-pun dilanjutkan. Saya sendiri pulang hampir larut malam yang menyebabkan harus menginap di PUSKOM UNS.

Beberapa point penting sebagai berikut:

  • Ada info dari Pak Blontank, kita mendapat tawaran tempat untuk ngobrol di konsorsium dengan agenda pilihan sbb: Pembahasan UU ITE, Pembahasan Pelatihan Penulisan, Gerakan Buku diaktifkan lagi

  • Pak Gun mengusulkan mapping anggota selanjutnya dibuat agenda khusus.

  • Mas Ody usul ada tema Solo Cyber City dimasukkan dalam agenda pertemuan/kopdar.

  • Agenda setiap kopdar ditentukan sehingga setiap kopdar selalu ada manfaatnya. Tidak sekedar happy fun aja.