HMI Surakarta Go Blogging di UNS

Gilang

Foto by: Gilang

Sabtu (05/09), bertempat di lab. komputer PPTI PUSKOM UNS, sebanyak kurang lebih 25 mahasiswa UNS yang tergabung dalam organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Surakarta mengadakan training/pelatihan blogging. Berhubung semuanya adalah mahasiswa UNS, mereka memanfaatkan layanan blog gratis dari UNS sendiri yang beralamat di http://blog.uns.ac.id atau lebih dikenal dengan istilah UNS Social Network™.

Saya ditunjuk sebagai trainer dalam pelatihan tersebut. Untungnya saat itu ada Tikno dan Gilang yang bersedia menjadi asisten yang mau membantu saya. Training blog dimulai siang hari sekitar pukul 12.30 WIB dan berakhir pukul 17.00 WIB, sungguh waktu yang melelahkan tetapi dengan waktu yang lama ini, saya bisa explore lebih banyak tentang service yang ada di UNS Social Network™.

Pertama, mereka semua harus memenuhi syarat untuk dapat bergabung di portal blog ini, yaitu mahasiswa UNS dan punya email UNS. Oleh karena itu, pada awal sebelum mulai ngeblog di UNS, mereka harus registrasi email UNS terlebih dulu. Setidaknya ada dua portal email yang free dan diperuntukkan untuk civitas academika di UNS ( http://civitas.uns.ac.id dan http://blog.uns.ac.id/registermail ). Setelah itu, mereka harus memastikan bahwa email tersebut sudah aktif, bisa buka inbox email dan bisa dipakai untuk mengirim surat elektronik.

Selanjutnya, mereka bisa langsung mendaftar blog UNS di http://blog.uns.ac.id/register. Mengisi form yang ada meliputi username, email UNS tadi, kemudian data diri dan profil serta domain URL yang diinginkan. Kemudian, kita harus mengaktifkan blog kita dengan mengecek email yang masuk untuk pengaktifan account. Setelah sukses ( ada kata congratulation ), langkah awal harus segera mengganti password blog dan mengedit atau melengkapi profile kita di blog.

Layanan demi layanan yang ada di UNS Social Network satu persatu saya jelaskan dan saya praktikkan, meliputi Add dan Search friend, join dan create Group, menulis di wire teman dan mengirim messages. Setelah hal-hal tersebut bisa, saya baru mulai masuk untuk mengelola dashboard/control panel blog. Awalnya menulis suatu postingan dan page, mengisi tag dan membuat kategori. Selanjutnya, yang tak kalah pentingnya, yaitu mengganti theme/template blog kita. Dan terakhir saya beritahu cara menambahkan aksesoris berupa kalender dan jam penunjuk waktu, cara mengambil dan memasang RSS web dan menambahkan blogroll.

Alhamdulillah, acara pelatihan ini berjalan dengan lancar, mereka begitu semangat dan antusias dalam mengikuti bahkan sampai ada yang meminta dilanjutkan di lain waktu. Semoga bermanfaat bagi komunitas atau organisasi walaupun eksternal kampus. Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami untuk memandu acara dan mohon maaf apabila pelayanan dan fasillitas yang kami berikan kurang berkenan.