Basic Linux Command Line (III)

PESAN ERROR YANG SERING DIJUMPAI
Pada saat mempelajari perintah dasar, mungkin kita akan mendapatkan error. Jangan terlalu panik dengan kesalahan perintah ataupun pesan error yang muncul. Untuk mempelajari error, kenali beberapa macam pesan error yang umumnya terjadi, antara lain:

1.Command not found
Bila terjadi error dengan pesan di atas, periksa kembali ejaan perintah dasar yang kita ketikkan. Mungkin terjadi kesalahan penulisan atau perintah yang kita ketikkan memang tidak ada. Karena bila mendapatkan error ini berarti perintah tidak dikenali sebagai perintah Linux.
Contoh :
hendri@puskom-laptop:~ $ list
bash: list:command not found

2.Invalid option
Error ini terjadi bila kita memberikan option yang salah atau tidak ada pada perintah yang kita ketikkan. Jadi buka manual dari perintah tersebut dan cek kembali option yang kita berikan.
Contoh :
hendri@puskom-laptop:~ $ ls –y
ls: invalid option –y
Try ‘ls --help’ for more information.

3.No such file or directory
Bila kita mengetikkan perintah yang memiliki argument berupa pathname atau file. Periksa kembali apakah file atau direktori yang kita maksud sudah benar. Karena bila file atau direktori tidak ada atau salah, maka akan tampil pesan error ini. Ingat huruf besar dan kecil akan berpengaruh, termasuk tanda spasi dan karakter lainnya.
Contoh : Misal ingin masuk /home/hendri/Dokument
hendri@puskom-laptop:~ $ ls /home/hendri/dokuments
ls /home/hendri/dokuments: No such file or directory

4.Missing operand
Kita akan mendapatkan error ini bila perintah yang kita ketikkan kurang. Ada perintah yang tidak bisa berdiri sendiri, perintah ini baru berjalan bila ada argumennya. Bila argumen tidak ada akan muncul error.
Contoh :
hendri@puskom-laptop:~ $ mkdir
mkdir: missing operand
Try ‘mkdir --help’ for more information.

5. Adakah yang menemukan pesan error lainnya…?

2 Responses to “Basic Linux Command Line (III)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Skip to toolbar